SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>> SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 =>>SELAMAT DATANG DI BLOG GURU ABAD 21 GURU ABAD 21: Advokasi Implementasi Kurikulum Merdeka dan Transformasi Digital untuk Pembelajaran

Senin, 14 Oktober 2024

Advokasi Implementasi Kurikulum Merdeka dan Transformasi Digital untuk Pembelajaran


Pada tanggal 27 September 2024, Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Bengkulu menyelenggarakan kegiatan "Advokasi Implementasi Kurikulum Merdeka dan Transformasi Digital untuk Pembelajaran" yang bertujuan untuk mendukung percepatan implementasi Kurikulum Merdeka dan transformasi digital di dunia pendidikan, khususnya bagi pemerintah daerah dan komunitas Belajar.id.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Kepala BPMP Bengkulu, yang menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah, sekolah, dan komunitas dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital. Beliau menyampaikan bahwa transformasi ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga memberikan akses yang lebih luas dan merata kepada semua siswa.


Berbagai materi menarik disajikan oleh para pakar yang kompeten di bidangnya:

1.Transformasi Digital untuk Pembelajaran disampaikan oleh Supama, M. Si, yang menguraikan pentingnya penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran serta strategi untuk mengintegrasikannya ke dalam sistem pendidikan.

2. Implementasi Kurikulum Merdeka dijelaskan secara komprehensif oleh Sony Martha KS, M.Pd, yang memaparkan tentang fleksibilitas kurikulum ini dalam mengembangkan potensi siswa secara maksimal melalui pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa.

3. Pendampingan Daerah Champion dipresentasikan oleh Indriana, S.Kom, yang memberikan wawasan tentang peran pemerintah daerah dalam mendampingi sekolah-sekolah champion agar sukses menerapkan Kurikulum Merdeka.

4.Kandidat Sekolah Rujukan Google disampaikan oleh Aziz dan Tim Google Indonesia, yang memperkenalkan program sekolah rujukan yang didukung oleh Google untuk memajukan pembelajaran berbasis teknologi.

5.Pemanfaatan Google Workspace for Education (GWfE) dibahas oleh Ahmad Fikri Dzulfikar dan Tim Google Indonesia, yang menjelaskan tentang manfaat alat digital dari Google dalam menunjang kolaborasi dan efektivitas pembelajaran di sekolah.

6.Pemanfaatan Chromebook dan Gemini AI dipandu oleh Coach Steven Sutantro, yang memberikan pengetahuan mengenai penggunaan perangkat Chromebook dan teknologi AI untuk pembelajaran yang lebih inovatif.

Saya, Purwanto, selaku Ketua Kombel SRB Rafflesia, bersama dengan Tim PemanTIK dari Kabupaten Bengkulu Tengah, turut hadir sebagai peserta dalam kegiatan ini. Kami mendapatkan banyak ilmu dan inspirasi untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di daerah kami. Kami berharap, melalui sinergi antara pendidikan dan teknologi, dapat tercipta sistem pendidikan yang lebih inklusif, efektif, dan relevan di masa mendatang.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar